Senin, 16 Januari 2017

BODY VESPA YANG PATUT DI WASPADAI

Vespa tua yang didominasi unsur besi memang lebih menjamin keselamatan apabila terjadi tabrakan dengan kecepatan yang wajar tentunya, namun kelebihan ini sekaligus menjadi body Vespa rentan berkarat.
Berikut 5 titik yang mudah terserang karat & penyebabnya ...
(1).Spadboard bagian dalam.
      Penyebab: lumpur dari cipratan ban.
(2).Deck sisi luar
      Penyebab: air yg tertampung di bawah karpet tengah & rel rivet.
(3).Deck sisi dalam
      Penyebab: air yang masuk dari
                  a).Lubang dudukan ban-serep.
                  b).Celah tanki-bensin.
                  c).Lubang udara di bawah jok-depan.
                  d).Celah antara setang dengan body.
(4).Bagasi.
     Penyebab: air masuk dari pintu-laci bagasi, kunci bagasi dan celah sambungan bagasi ke body.
5).Celah standard.
          Antisipasinya:
            1).Melapisi bagian2 tsb di atas dgn: cairan Flinkcoat & spray anti-karat.
            2).Membuat 2-3 lubang kecil untuk pembuangan air yang tertampung di:
                        - Saluran air di pinggir tepong bagasi.
                        - Sisi bawah deck tengah.
            3).Selalu melap-kering Vespa kesayangan setelah kehujanan/dicuci.
            4).Di parkiran umum, sekalipun standard Vespa sudah membuat body depan Vespa                                         menggantung, namun alangkah lebih baiknya memarkir Vespa dengan posisi sedikit miring                       ke atas,      agar air yang tertampung di deck, bagasi dan dalam body mudah mengalir                                keluar.
          5).Di rumah, parkirlah Vespa di tempat yang kering dan tidak mudah kehujanan.

1 komentar: