Minggu, 08 Januari 2017

PX SERIES

Sejak kelahirannya dulu motor Vespa diciptakan dalam beberapa model yang yang sangat beragam. Walaupun dari segi bentuk bodi terlihat sama tapi sebenarnya bila dibedah lebih detil maka akan terlihat perbedaan spesifikasinya. Nah, kali ini Vespaholic akan membahas salah satu jenis model skuter buatan kota Milan yang juga termasuk jenis Vespa yang sangat laku di pasaran. Model ini adalah Vespa PX Series yang saat ini hadir kembali dengan model terbarunya yaitu New PX 150.


Vespa PX pertama kali diproduksi pada tahun 1977 di kota Milan sebagai model garis baru (New Line) atau dalam bahasa Italy  yaitu Nouva Linea. Varian pertama Vespa ini dibuat dengan mesin 125 cc, kemudian ada juga model P 200 E yang telah menggunakan pengapian secara elektronik sesuai dengan kode huruf "E" pada nama serinya. Lalu pada tahun 1978 muncul pula seri dengan mesin 150 cc yang memakai kode produksi P 150 X dan pada tahun 1981 muncul pula seri PX 80.



Sistem pengapian elektronik ini kemudian diterapkan juga pada model lain yang disebut Vespa PX 125 dan Vespa PX 150E, dan pada tahun 1982 Vespa P 200 E kemudian kemudian dikenal dengan nama PX 200E. Setahun kemudian Vespa seri Arcobaleno diperkenalkan sebagai model untuk dipasarkan di luar negara Italy sebagai seri Lusso, dengan inovasi teknologi baru berupa pemisahan tempat bahan bakar dan oli samping. Selain itu kampas rem depan juga dirubah posisinya menjadi lebih terpusat dengan kabel yang terpisah untuk memudahkan perawatan. Lalu kunci kontak juga dibuat menyatu dengan kunci leher stang. Beberapa penyesuaian kecil juga terlihat pada bagian tubuh seri Vespa ini, misalnya desain baru pada bagian hidung ataui grille yang merupakan rumah tinggal bagi klakson, ukuran box peralatan yang berada dibawah stang juga mengalami perubahan dengan ukuran yang lebih besar.

Pada tahun 1985 motor-motor bergaya sport dari pabrikan lain menggebrak pasar otomotif dunia, sehingga Vespa sedikit mengalami penurunan penjualan. Pada tahun 1992 bertepatan dengan ulang tahun Vespa yang ke-50 skuter Vespa ini ditawarkan dengan mesin T5 dan bodi dari model PX yang kemudian dipasarkan dengan nama PX 125 T5 classic. Di Indonesia sendiri memasuki tahun 90-an hadir model Vespa Exclusive sebagai pengembangan dari Vespa PX yang mempunyai sedikit perubahan pada bagian mesin dan bodinya. Misalnya yang jelas terlihat adalah bagian lampu sein dan tempat oli samping yang sudah terpisah. Lalu di tahun 1992 juga muncul Vespa Excel dengan bodi yang lebih besar dan teknologi starter elektrik untuk kemudahan pengendaranya.

Memasuki era milenium baru pada tahun 2003 hadir Vespa PX 200 Millenium yang memiliki daya maksimum sebesar 12 Bhp dengan kecepatan maksimal sebesar 95 km/jam dan sudah memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 2. Sayangnya pada tahun 2007 Vespa PX harus berhenti produksi karena tidak memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 3 dan penjualan terakhirnya diberi nama seri Ultima (seri terakhir) sebagai edisi terbatas yang memiliki windshield dan rak bagasi depan berlapiskan krom serta velg krom dengan ban strip putih (white wall). 

Pada tahun 2011 Piaggio kembali memproduksi Vespa PX dengan nama New PX 150 yang diperkenalkan melaui pameran EICMA Show di kota Milan setahun sebelumnya. Mesin Seri PX terbaru ini masih menggunakan desain mesin 2-stroke dengan kapasitas 125 dan 150 cc dari seri sebelumnya, namun pada PX 150 terbaru ini mengalami penambahan sebuah analytic converter yang berfungsi agar gas buang yang dihasilkannya memenuhi standar Euro 3. Jok New PX 150 2011 dibuat menyatu untuk lebih memberikan kenyamanan kepada penumpangnya. Selain itu fitur starter elektrik juga turut memberikan kemudahan untuk menyalakan mesin Vespa PX terbaru ini. 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar